Laman

Frank Lloyd Wright


1.       Biografi Frank Lloyd Wright

Frank Lloyd Wright (lahir Frank Lincoln Wright , 8 Juni 1867 - April 9, 1959) adalah seorang arsitek Amerika, desainer interior, penulis dan pendidik, yang dirancang lebih dari 1.000 struktur dan menyelesaikan 500 karya. Wright percaya dalam merancang struktur yang selaras dengan kemanusiaan dan lingkungannya, sebuah filosofi yang disebut arsitektur organik . Filosofi ini terbaik dicontohkan oleh desain untuk Fallingwater (1935), yang telah disebut "yang terbaik sepanjang masa karya arsitektur Amerika". Wright adalah seorang pemimpin Sekolah Prairie pergerakan arsitektur dan mengembangkan konsep Usonian rumah, visi yang unik untuk perencanaan perkotaan di Amerika Serikat. 
Karyanya termasuk contoh asli dan inovatif dari banyak jenis bangunan yang berbeda, termasuk kantor, gereja, sekolah, gedung pencakar langit, hotel, dan museum. Wright juga dirancang banyak elemen interior bangunan itu, seperti furnitur dan kaca patri. Wright menulis 20 buku dan banyak artikel dan menjadi dosen populer di Amerika Serikat dan di Eropa. Warna-warni kehidupan pribadinya sering membuat berita utama, terutama untuk api 1914 dan pembunuhan di rumahnya studio Taliesin. Sudah dikenal selama hidupnya, Wright diakui pada tahun 1991 oleh American Institute of Architects sebagai arsitek terbesar Amerika sepanjang masa.

2.       Kiprah Frank Lloyd Wright

  Wright menghadiri sekolah Madison tinggi, tetapi tidak ada bukti dia pernah lulus. Ia dirawat di University of Wisconsin-Madison sebagai mahasiswa khusus pada tahun 1886. Di sana ia bergabung dengan Phi Delta Theta persaudaraan , mengambil kelas paruh waktu selama dua semester, dan bekerja dengan profesor teknik sipil, Allan D. Conover.
     Pada tahun 1887, Wright meninggalkan sekolah tanpa mengambil gelar (meskipun ia telah diberikan Doktor kehormatan of Fine Arts dari University pada tahun 1955) dan tiba di Chicago untuk mencari pekerjaan. Sebagai hasil dari menghancurkan Chicago Fire Besar tahun 1871 dan ledakan penduduk baru-baru ini, pembangunan baru berlimpah di kota. Dia kemudian ingat bahwa kesan pertama dari Chicago adalah bahwa dari lingkungan kotor, jalan-jalan padat, dan arsitektur mengecewakan, namun ia bertekad untuk mencari pekerjaan. Dalam beberapa hari, dan setelah wawancara dengan perusahaan beberapa tokoh, ia dipekerjakan sebagai juru dengan perusahaan arsitektur Joseph Lyman Silsbee . Wright sebelumnya berkolaborasi dengan Silsbee-terakreditasi sebagai juru dan supervisor-on konstruksi 1886 Kapel Persatuan untuk Wright keluarga di Spring Green, Wisconsin. Sementara dengan perusahaan, ia juga bekerja pada dua proyek keluarga lain: Gereja All Souls di Chicago untuk pamannya, Jenkin Lloyd Jones, dan Rumah Sekolah Hillside I di Spring Green selama dua dari bibinya. draftsmen lain yang bekerja untuk Silsbee pada tahun 1887 termasuk arsitek masa depan Cecil Corwin, George W. Maher, dan George G. Elmslie. Wright segera berteman Corwin, dengan siapa dia tinggal sampai ia menemukan rumah permanen.
  Dalam otobiografinya, Wright menceritakan bahwa ia juga memiliki tugas pendek di kantor lain arsitektur Chicago. Merasa bahwa ia underpaid untuk kualitas karyanya untuk Silsbee ($ 8 minggu), para juru muda berhenti dan menemukan pekerjaan sebagai desainer di perusahaan dari bir, Clay, dan Dutton. Namun, Wright segera menyadari bahwa ia belum siap untuk menangani desain bangunan sendiri,. Dia meninggalkan pekerjaan barunya untuk kembali ke waktu Joseph Silsbee-ini dengan kenaikan gaji.
Meskipun Silsbee ditaati terutama untuk Victoria dan revivalis arsitektur, Wright menemukan karyanya menjadi lebih "anggun indah" daripada "kebrutalan" lainnya periode.  Namun, Wright bercita-cita untuk bekerja lebih progresif. Setelah kurang dari satu tahun telah berlalu di kantor Silsbee itu, Wright belajar bahwa perusahaan Chicago Adler & Sullivan adalah "mencari seseorang untuk membuat gambar selesai untuk interior Auditorium [Gedung]". Wright menunjukkan bahwa dia sebuah impresionis kompeten Louis Sullivan desain 's hias dan dua wawancara singkat kemudian, adalah seorang pejabat magang di perusahaan. 
   Wright tidak rukun dengan draftsmen lainnya Sullivan, ia menulis bahwa altercations kekerasan terjadi beberapa di antara mereka selama tahun-tahun pertama magang. Untuk itu, Sullivan menunjukkan rasa hormat sangat sedikit untuk karyawannya juga. Meskipun demikian, "mengambil Sullivan [Wright] di bawah sayap dan memberinya tanggung jawab desain besar." Sebagai menunjukkan rasa hormat, Wright kemudian akan merujuk kepada Sullivan sebagai Lieber Meister (Jerman untuk "Guru terkasih"). Wright juga membentuk ikatan dengan kantor mandor Paul Mueller. Wright kemudian akan terlibat Mueller untuk membangun beberapa bangunan di depan publik dan komersial antara 1903 dan 1923.

    Pada tanggal 1 Juni 1889, Wright menikah dengan istri pertamanya, Catherine Lee "Kitty" Tobin (1.871-1.959). Keduanya bertemu sekitar satu tahun sebelumnya selama kegiatan di Gereja All Souls. Sullivan melakukan tugasnya untuk memfasilitasi keberhasilan keuangan pasangan muda dengan memberikan Wright kontrak kerja lima tahun. Wright membuat permintaan satu lagi: "? Mr Sullivan, jika Anda ingin aku bekerja untuk Anda selama lima tahun, tidak bisa pinjam uang yang cukup untuk membangun sebuah rumah kecil". Dengan pinjaman Sullivan $ 5.000, Wright dibeli banyak di sudut Avenue Chicago dan Hutan di pinggiran Oak Park. Yang ada Gothic Revival rumah diberikan kepada ibunya, sementara kompak Shingle gaya rumah dibangun bersama untuk Wright dan Catherine. 
Menurut diagram 1890 dari baru ruang perusahaan, lantai 17 di atas Gedung Auditorium, Wright segera memperoleh kantor pribadi di samping sendiri Sullivan. Namun, kantor yang benar-benar berbagi dengan teman dan penggambar George Elmslie, yang disewa oleh Sullivan permintaan Wright. Wright meningkat menjadi kepala juru dan menangani semua pekerjaan desain rumah tinggal di kantor. Sebagai aturan umum, Adler & Sullivan tidak merancang atau membangun rumah, tetapi mereka wajib ketika ditanya oleh klien dari proyek-proyek penting mereka komersial. Wright diduduki oleh komisi utama perusahaan selama jam kerja, sehingga desain rumah diasingkan ke malam dan jam lembur akhir pekan di studio rumahnya. Dia kemudian akan mengklaim tanggung jawab total untuk desain rumah-rumah, namun pemeriksaan hati-hati gaya arsitektur mereka, dan rekening dari sejarawan Robert Twombly menunjukkan bahwa Sullivan yang mendiktekan bentuk keseluruhan dan motif dari karya perumahan, tugas desain Wright sering berkurang untuk merinci proyek dari sketsa Sullivan. Selama waktu ini, Wright bekerja di bungalow Sullivan (1890) dan James A. Bungalow Charnley (1890) baik di Ocean Springs, Mississippi, Berry-MacHarg Rumah (1891) dan Sullivan townhouse (1892) baik di Chicago, dan yang paling mencatat 1.891 James A. Charnley Rumah juga di Chicago. Dari lima kolaborasi, hanya dua komisi untuk keluarga Charnley masih berdiri. 

   Meskipun gaji pinjaman dan lembur Sullivan, Wright terus-menerus kekurangan dana. Wright mengaku bahwa keuangan yang buruk kemungkinan besar karena selera mahal di lemari pakaian dan kendaraan, dan kemewahan ekstra yang dirancang ke rumahnya. Untuk menambah masalah, anak-anak Wright - termasuk kelahiran pertama Lloyd (b.1890) dan John (b.1892) -. akan berbagi selera serupa untuk barang baik untuk menambah penghasilan dan membayar utang-utangnya, Wright diterima independen komisi setidaknya selama sembilan rumah. Ini "selundupan" rumah, karena ia kemudian memanggil mereka, yang konservatif dirancang variasi modis Ratu Anne dan Revival Kolonial gaya. Namun demikian, tidak seperti arsitektur yang berlaku periode, setiap rumah menekankan fitur geometris massa dan berisi sederhana seperti band dari jendela horisontal, sesekali cantilevers , dan rencana lantai terbuka yang akan menjadi keunggulan dari tugas-tugas selanjutnya. Delapan dari rumah-rumah awal tetap hari ini termasuk Thomas Gale , Parker , Blossom , dan Gale Walter rumah.

     Seperti dengan proyek perumahan Adler & Sullivan, Wright dirancang rumah nya bajakan pada waktu sendiri. Sullivan tahu apa-apa tentang karya mandiri sampai 1893, ketika ia mengakui bahwa salah satu rumah adalah salah lagi Frank Lloyd Wright desain. Ini rumah tertentu, dibangun untuk Allison Harlan , hanya blok jauhnya dari townhouse Sullivan di komunitas Chicago Kenwood. Selain dari lokasi, kemurnian geometrik dari komposisi dan balkon dekorasinya dalam gaya yang sama dengan Rumah Charnley kemungkinan menyerahkan keterlibatan Wright. Sejak lima tahun kontrak Wright melarang pekerjaan luar, kejadian tersebut menyebabkan keberangkatannya dari perusahaan Sullivan. Berbagai cerita menceritakan istirahat dalam hubungan antara Sullivan dan Wright, bahkan Wright kemudian mengatakan kepada dua versi yang berbeda dari terjadinya. Dalam Otobiografi, Wright menyatakan bahwa ia tidak menyadari bahwa usaha timnya pelanggaran kontrak. Ketika Sullivan belajar dari mereka, dia marah dan tersinggung, ia dilarang setiap komisi luar lebih lanjut dan menolak mengeluarkan Wright dalam akta ke rumahnya Oak Park sampai setelah ia menyelesaikan lima tahun. Wright tidak tahan permusuhan baru dari tuannya dan berpikir situasi tidak adil. Dia "melemparkan pensil dan berjalan keluar dari Adler dan Sullivan kantor tidak pernah kembali." Dankmar Adler, yang lebih bersimpati pada tindakan Wright, kemudian mengirimnya perbuatan. Di sisi lain, Wright mengatakan nya Taliesin magang (sebagaimana dicatat oleh Edgar Tafel) bahwa Sullivan memecatnya di tempat setelah mengetahui Gedung Harlan. Tafel juga dicatat bahwa Wright telah Cecil tanda Corwin beberapa pekerjaan bajakan, menunjukkan bahwa Wright menyadari alam ilegal mereka. Terlepas dari seri yang benar kejadian, Wright dan Sullivan tidak memenuhi atau berbicara selama dua belas tahun .

3.       Karya Frank Lloyd Wright

a. Transisi dan Eksperimen

    Setelah meninggalkan Louis Sullivan, Wright mendirikan praktek sendiri di lantai atas Sullivan dirancang Schiller Building (1892, menghancurkan 1961) di Randolph Street di Chicago. Wright memilih untuk mencari kantornya di gedung karena lokasi tower mengingatkannya pada kantor Adler & Sullivan. Meskipun Cecil Corwin mengikuti Wright dan mendirikan praktek arsitektur di kantor yang sama, keduanya bekerja secara independen dan tidak menganggap diri mereka mitra. Dalam setahun, Corwin memutuskan bahwa ia tidak menikmati arsitektur dan berangkat ke sebelah timur untuk menemukan profesi baru . 
    Dengan Corwin pergi, Wright pindah dari Gedung Schiller dan ke dekatnya dan baru selesai Balai Steinway Building. Ruang loteng bersama dengan Robert C. Spencer, Jr , Myron berburu , dan Dwight H. Perkins . ini arsitek muda, terinspirasi oleh Gerakan Seni dan Kerajinan dan filsafat Louis Sullivan, membentuk apa yang akan menjadi dikenal sebagai dengan Sekolah Prairie. Mereka bergabung dengan magang Perkins, Marion Mahony , yang pada tahun 1895 dipindahkan ke Tim Wright dari perancang dan mengambil alih produksi nya gambar presentasi dan cat air rendering . Mahony, arsitek wanita pertama berlisensi di Amerika Serikat, furnitur juga dirancang, dipimpin kaca jendela, dan lampu, antara fitur-fitur lainnya, untuk rumah Wrigh. Antara tahun 1894 dan awal 1910-an, Sekolah Prairie beberapa lainnya terkemuka arsitek dan banyak karyawan masa depan Wright meluncurkan karir mereka di kantor Steinway Hall.


Wright pindah praktek ke rumahnya pada tahun 1898 dalam rangka untuk membawa karyanya dan kehidupan keluarga lebih dekat. Langkah ini masuk akal lebih lanjut sebagai mayoritas proyek arsitek pada waktu itu berada di Oak Park atau tetangga Forest River . Lima tahun terakhir telah melihat kelahiran tiga anak - Catherine pada tahun 1894, David pada tahun 1895, dan Frances pada tahun 1898 - mendorong Wright mengorbankan rumah asli nya ruang studio untuk kamar tidur tambahan. Dengan demikian, memindahkan ruang kerja nya mengharuskan desain dan konstruksi yang ekspansif penambahan studio di sebelah utara rumah utama. Ruang, yang termasuk menggantung balkon dalam kamar penyusunan dua cerita, adalah salah satu percobaan pertama Wright dengan Struktur inovatif. Studio adalah sebuah poster untuk estetika Wright berkembang dan akan menjadi laboratorium dari mana sepuluh tahun berikutnya dari kreasi arsitektur akan muncul.

a. Praire House

Pada 1901, Wright telah menyelesaikan sekitar 50 proyek, termasuk banyak rumah di Oak Park. Sebagai anaknya John Lloyd Wright menulis: 
" William Eugene Drummond, Francis Barry Byrne, Walter Burley Griffin, Albert Chase McArthur, Marion Mahony, Isabel Roberts dan George Willis adalah draftsmen Lima pria, dua wanita. Mereka mengenakan dasi mengalir, dan baju luar cocok untuk kerajaan. Para pria mengenakan rambut mereka seperti Papa, semua kecuali Albert, ia tidak memiliki rambut cukup. Mereka menyembah Papa! Papa menyukai mereka! Aku tahu bahwa setiap salah satu dari mereka kemudian membuat kontribusi berharga bagi perintis dari arsitektur modern Amerika yang ayah saya mendapat kemuliaan penuh, sakit kepala dan pengakuan hari "! 
Antara 1900 dan 1901, Frank Lloyd Wright menyelesaikan empat rumah yang telah sejak dianggap sebagai awal dari " gaya Prairie ". Dua, Hickox dan Rumah Bradley, adalah langkah transisi terakhir antara desain awal Wright dan kreasi Prairie. Sementara itu, Gedung Thomas dan Willits Gedung mendapat pengakuan sebagai contoh dewasa pertama dari gaya baru. Pada saat yang sama, Wright memberikan ide-ide baru untuk rumah Amerika kesadaran luas melalui dua publikasi dalam Journal Ladies 'Home . Artikel-artikel itu merupakan respon atas undangan dari presiden Curtis Publishing Company, Edward Bok, sebagai bagian dari sebuah proyek untuk memperbaiki desain rumah modern. Bok juga diperpanjang tawaran untuk arsitek lainnya, namun Wright adalah satu-satunya responden. "Sebuah rumah di kota Prairie" dan "Rumah kecil dengan Banyak Kamar di dalamnya" muncul masing-masing di 1901 isu Februari dan Juli jurnal. Meskipun tak satu pun dari denah rumah terjangkau yang pernah dibangun, Wright menerima permintaan meningkat untuk desain yang sama di tahun-tahun berikutnya.
Desain perumahan Wright adalah "Rumah Prairie" karena desain dianggap melengkapi tanah di sekitar Chicago. Rumah-rumah Feature diperpanjang bangunan rendah dengan dangkal, atap miring, garis langit bersih, cerobong asap ditekan, overhang dan teras semua menggunakan bahan yang belum selesai. Rumah-rumah yang dikreditkan dengan menjadi contoh pertama dari " rencana terbuka ". Jendela bila memungkinkan panjang, dan rendah, sehingga koneksi antara interior dan alam, luar, yang baru bagi arsitektur barat dan mencerminkan pengaruh arsitektur Jepang pada Wright. Manipulasi ruang interior dalam bangunan perumahan dan publik keunggulan dari gayanya. 
Bangunan publik dalam gaya Prairie termasuk Unity Temple , rumah jemaat Universalis Unitarian di Oak Park. Sebagai seumur hidup Unitarian dan anggota Persatuan Temple, Wright menawarkan jasanya kepada jemaat setelah gereja mereka dibakar pada tahun 1905. Masyarakat sepakat untuk mempekerjakan dia dan dia bekerja pada bangunan 1905-1909. Wright kemudian mengatakan bahwa Unity Temple adalah bangunan di mana ia tidak lagi menjadi seorang arsitek struktur, dan menjadi seorang arsitek ruang. Banyak arsitek menganggap bangunan modern pertama di dunia, karena konstruksi yang unik hanya satu materi: beton bertulang. Ini akan menjadi ciri modernis yang mengikuti Wright, seperti Mies van der Rohe, dan bahkan beberapa post-modernis, seperti Frank Gehry.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar